Sabtu, 01 Februari 2014

Dunia dan kehidupan di dunia.

Dunia memang indah,,, dunia memang penuh dengan kenikmatan, Tp ketahuilah juga bahwa dunia adalah keindahan semu dan kenikmatan yang menipu, dunia adalah tempat ujian dan cobaan.

Cobaan bukan hanya berupa kesusahan dan kesulitan, Tp cobaan dan ujian kerap datang berupa kenikmatan dan keindahan dunia itu sendiri.

Sering kita lupa atau bahkan tidak menyadari itu semua, kita hanya ingin hidup yang damai penuh ketenangan, kita hanya mengharapkan kemudahan dalam segala hal, dan kelezatan dalam tiap perjalanan hidup.

Yah,,, itulah manusia, manusia yang memiliki posisi sebagai biang kesalahan dan tempatnya lupa, manusia dg segala kelebihan dan anugerah dari Allah, Tp manusia jg hadir dg segala kekurangan dan hawa nafsunya juga dari Allah. Manusia makhluk paling komplet dari makhluk yang lain, bangsa iblis dan jin beserta pasukannya, adalah makhluk yang dipenuhi dengan kesalahan, dan pelanggaran, ada juga bangsa malaikat adalah makhluk yang senantiasa taat dan tak pernah sekalipun melanggar, Tp manusia,,, di hadirkan kedunia ini dengan keduanya, dg ketaatan juga kemaksiatan, manusia bisa lebih mulia daripada malaikat dg ketaatannya, dan manusia juga bisa jauh lebih hina dari iblis sekalipun dg kemaksiatannya.

Kata orang,,, hidup di dunia ini adalah pilihan, kita bebas memilih mana yang baik dan buruk buat kita, tapi kata saya,,, hidup di dunia ini adalah keniscayaan dan kepastian, diselingi dengan pengorbanan dan perjuangan, itulah seni kehidupan, dimana manusia hidup di dunia tidak hanya untuk makan dan tidur lalu beribadah pada Tuhan, tapi lebih dari pada itu, manusia wajib berjuang dan berperang melawan dan menghindari apa yg dilarang oleh Allah, dan tentunya niscaya manusia juga wajib mengorbankan semua yang ia miliki untuk tetap melaksanakan apa yang diperintahkan Allah. 

Tapi sekali lagi manusia tetaplah manusia,,, tak kan ada manusia yang sempurna sesempurna junjungan kita baginda nabi besar Muhammad SAW. Meski demikian, walau jatuh bangun bertubi-tubi, selama jiwa masih dikandung badan, perjuangan dan perubahan kearah yg lebih baik menuju ridha ilahi robby,.

Yaaahh,, kehidupan manusia di dunia ini penuh perubahan,,, perubahan kearah yang lebih baik, itu berarti kemajuan dan tanda kehidupan, perubahan kearah yang lebih buruk, itu berarti kehancuran dan tanda kematian sebelum datangnya ajal, Mati sebelum datang kematian.

Subhanallah, mudah-mudahan saya dan kita semua, tetap bisa menyadari dan mengingat betapa hidup di dunia ini adalah bagaimana kita menjadi hamba yang bertaqwa, dan tetap bertujuan pada ridha Allah SWT. Sehingga kita semua menjadi hamba yang beruntung, di dunia (walau susah) dan diakhirat (keberuntungan yang nyata). Amin allahumma Amiiin.

2 komentar: